Bukti Palsu Khilafah Abu Bakar (5)

Di antara hadis-hadis palsu yang kerap kali dijadikan oleh sebagian musuh Syi’ah –di antaranya adaalah Pendiri Sekte Wahhabi; Ibnu Abdil Wahhab an Najdi- hujjah untuk menegakkan kebsahan kekhalifahan Abu Bakar adalah hadis riwayat sahabat Anas ibn Malik di bawah ini:

بعثني بنو المصطلق إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم أن أسأله إلى من ندفع صدقاتنا بعدك . فقال : إلى أبي بكر. رواه الحاكم وصححه.

“Suku bani Mushthaliq mengutusku kepada Rasulullah saw. agar aku bertanya kepada beliau kepada siapa kami menyetor harta (hasil bumi) desa Fadak sepeninggal Anda nanti. Maka beliau bersabda, ‘Kepada Abu Bakar.’” (HR Al Hakim dan ia menshahihkannya.)

Ibnu Jakfari berkata:

Pertama yang membuktikan kepalsuan hadis ini adalah adanya kesepakatan Ahlusunnah bahwa Nabi saw. tidak pernah menunjuk seorang Khalifah yang akan menggantikan beliau dalam memimpin umat ini. Sedangkan riwayat tersebut menetapkan adanya penunjukan itu!

Selain itu teks/matan hadis itu sangat mengundang kecurigaan adanya rekayasa dari para pemalsu dengan tujuan yang bias jadi mereka anggap baik, yaitu mendukung kekhilafahan Abu Bakar, Umar dan Utsman dengan dalil tekstual/nash.

Riwayat itu adalah potongan dari riwayat panjang yang menyebut-nyebut Khalifah Abu Bakar, Umar dan Utsman.

Coba Anda perhatikan lanjutan riwayat di atas dalam riwayat al Hakim:

“…. Kemudian aku datangi mereka (kaum Yahudi bani Mushthaliq) dan aku kabarkan kepada mereka. Mereka berkata, ‘Kembalilah kepadanya dan tanyakan jika terjadi terhadap Abu Bakar sesuatu kejadian (mati), kepada siapa?’ Maka aku datangi lagi beliau dan aku tanyakan, maka beliau bersabda, ‘Kepada Umar.’  Kemudian aku datangi mereka dan aku kabarkan kepada mereka. Mereka berkata, ‘Kembalilah kepadanya dan tanyakan jika terjadi terhadap Umar sesuatu kejadian (mati), kepada siapa?’ Maka aku datangi lagi beliau dan aku tanyakan, maka beliau bersabda, ‘Kepada Utsman.’ Kemudian aku datangi mereka lalu aku kabarkan kepada mereka. Mereka berkata, ‘Kembalilah kepadanya dan tanyakan jika terjadi terhadap Utsman sesuatu kejadian (mati), kepada siapa?’ Maka aku datangi lagi beliau dan aku tanyakan, maka beliau bersabda, ‘Jika terjadi atas Utsman kejadian maka benar-benar celaka masa ini untuk kalian.”[1]

Hadis-hadis yang menyebutkan urutan seperti itu dapat dipastikan kepalsuannya, ia adalah buatan kaum Al Bakriyah untuk menandingi hadis-hadis penunjukan Imam Ali as., seperti ditegaskan para ulama Ahlusunnah sendiri.

Ibnu al Jauzi berkata, “Dan sebagian kaum yang tidak ada harganya di sisi Allah telah bersikap fanatik, mereka mengaku berpegang teguh dengan Sunnah, lalu mereka memalsu atas nama Nabi saw. hadis-hadis keutamaan untuk Abu Bakar.”[2]

Siapakah mereka itu yang Ibnu Jauzi maksud kalau bukan kaum al Bakriyah?

Ibnu Abil Hadid al Mu’tazili menerangkan, “Dan ketika kaum Al Bakriyah menyaksikan apa yang dilakukan kaum Syi’ah[3], maka mereka memalsu hadis-hadis keutamaan untuk Abu Bakar untuk menghadapi hadis-hadis keutamaan Ali itu… “[4] Setelahnya ia menyebutkan beberapa contoh hadis-hadis palus produk kaum Al Bakriyah itu, dan di antaranya adalah hadis senada dengan hadis nomer sembilan di bawah ini.

 

 


[1] Al Mustadrak,3/77. Dar al Fikr, Thn.1398 H/1978 M.[2] Al Maudhû’ât,1/303.

[3] Di sini perlu saya katakana bahwa apa yang dilakukan kaum Syi’ah tidak lebih dari berargumen dengan hadis-hadis shahih tentang keutamaan Imam Ali as. yang telah diriwayatkan dan dishahihkan para ulama Ahlusunnah sebagai bukti imamah dan hak kepemimpinan Ali as, baik dengan penujutuk jelas atau secara tersirat. Jadi apa yang salah dari para ulama Syi’ah?! Kaum Syi’ah tidak mengada-ngada atau memalsu hadis-hadis tersebut! Sebab hadis-hadis itu telah diriwayatkan melalui jalur-jalur Sunni dan dishahihkan para ulama berdasarkan syarat-syarat yang diterima!

[4] Syarah Nahjul Balaghah,11/49.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: